Cegah gizi buruk ,Tim Penanggulangan Gizi Buruk Kab Lotim kunjungi penderita gizi kurang di Kecamatan Sambelia

Untuk mencegah bertambahnya kasus gizi buruk di Kabupaten Lombok Timur, Tim Penanggulangan gizi buruk rutin melakukan monitoring dan menindaklanjuti Laporan kasus-kasus gizi kurang dan berkelainan karena adanya penyakit.

Laporan tersebut diterima dari Tim Penanggulangan yang ada di tingkat Kecamatan.

Seperti yang dilakukan Tim Penanggulangan gizi buruk Kabupaten Lombok Timur melakukan kunjungan kasus gizi kurang dan berkelainan di Kecamatan Sambelia, (30/08).

Empat orang Balita yang dikunjungi berasal dari Desa Senanggalih.
Kunjungan ini langsung dipimpin oleh Ketua Tim Penanggulangan gizi buruk Kabupaten Lombok Timur Hj. Supinah Ali Bin Dachlan yang didampingi Ketua GOW Kabupaten Lombok Timur, Hj.Rayal Aini Haerul Warisin, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Lotim, Hj. Sukaenah Rohman Farly, ketua TP PKK Kecamatan Sambelia, Ketua TP PKK Desa Senanggalih, serta Kader dari Puskesmas sambelia.

Dalam kunjungan ini apa yang menjadi kebutuhan penderita dan keluarga dari gizi kurang tersebut difasilitasi dan dikoordinasikan dengan OPD terkait agar dapat ditangani sesuai dengan tufoksinya.

Misalnya saja keluhan karena kondisi rumahnya yang tidak layak huni difasilitasi untuk rehab rumah dari PKK Lombok Timur ataupun bantuan rehab dari Pemerintah Desa setempat.

Demikian juga kurangnya akses untuk pengobatan karena tidak adanya kartu BPJS, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa diminta untuk membantu memfasilitasi.
Langkah-langkah pencegahan ini rutin dilakukan. Jika ada laporan kasus-kasug gizi kurang maupun gizi buruk segera mungkin ditindaklanjuti, Disamping penanganan kasus-kasus gizi buruk yang saat ini tengah ditangani pihak terkait baik itu dari Puskesmas, Kader maupung dukungan dari lintas sektor seperti Tim Penggerak PKK, organisasi Dharma Wanita Persatuan dll.

Dari penanganan tersebut, 112 orang Balita penderita gizi buruk sebagian sudah ada yang sembuh.